Jumat, 15 Februari 2013

Pepaya (Carica papaya L.)


Pepaya  (Carica papaya L.)

Tanaman pepaya diduga berasal dari AmerikanTropis dari daerahMeksiko yang kemudian menyebar keseluruh dunia termasuk Indonesia. Nenek moyang pepaya adalah Carica peltata Hook & Arn.
Di Indonesia,tanaman pepaya sudah termasuk merupakan tanaman pekarangan yang hampir ditanam oleh setiap keluarga.  Tanaman pepaya berbentuk perdu yang tingginya mencapai 3 (tiga) meter.
 Batangnya berongga karena intinya (galinya) berupa sel gabus dan batangnya lunak  berair.  Adalah tanaman yang sangat mudah untuk dibudidayakan oleh setiap lapisan masyarakat di Indonesia.
Tanaman ini betul-betul menemukan penggemarnya, buah pepaya merupakan salah satu buah meja yang banyak diminta oleh mayarakat untuk dimakan pada pagi hari. Buah pepaya telah menjadi bagian penting dalam makan pagi atau siang. Bahkan banyak bangsa Amerika menganggap buah pepaya adalah buah dari kepulauan Hawaii.
Buah pepaya memang tergolong buah yang populer.  Dikenal dan digemari oleh hampir seluruh penduduk dibelahan bumi ini. Daging buahnya ada yang merah, ada yang kuning luanak mengandung banyak air. Rasanya manis enak dan menyegarkan. Dapat melegakan rasa dahaga. nilai gizinya cukup tinggi. Mengandung banyak provitamin A dan vitamin C, juga mineral kalsium. Dapat memudahkan buang air besar, tentunya sangat baik dikonsumsi orang yang berusia lanjut.
Buah ini sangat mudah ditemukan dalam setiap pasar-pasar lokal maupun dapat juga didapati di toko-toko swalayan dengan harga yang relatif murah bila dibandingkan dengan buah-buah import. 

http://wajiteka.files.wordpress.com/2012/11/wpid-pepaya2bcalifornia2bberbuah2blebat1.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar